momoclover

Tuesday 29 March 2016

Manfaat buah lemon untuk mengusir jerawat

    Image result for lemon
     Lemon dibudidayakan di Spanyol, Argentina, Brazil, dan Negara-negara di sekitar Amerika Serikat. Pohon lemon menyerupai pohon jeruk. Tumbuhan ini tidak mampu berkembang pada cuaca yang beriklim dingin. Pohon lemon hanya bisa berkembang dan tumbuh pada suhu 60-85oF atau 15-30oC. Oleh sebab itu tumbuhan itu tak dikembangkan pada negara-negara yang bersalju dengan intensitas tinggi.
Di Indonesia buah lemon bisa ditemukan di mana saja. Misalnya pada toko buah. Harganya yang relative mahal membuat buah ini tak begitu diminati masyarakat. Harga buah lemon jauh lebih mahal dibanding buah jeruk biasa. Sehingga masyarakat lebih menyukai buah jeruk dibanding buah lemon. Karena rasanya pun hampir sama. Bedanya jeruk biasa bias dimakan langsung karena memiliki kandungan gula, sedangkan lemon akan sangat masam bila dimakan tanpa campuran gula.
     Buah lemon sebenarnya sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Di dunia kecantikan buah lemon digunakan sebagai campuran bahan kosmetik. Buah lemon sangat kaya akan vitamin C, magnesium, kalium, dan kalsium. Buah lemon juga memiliki kandungan antioksidan dan fungsinya sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia. Buah lemon sering juga digunakan sebagai bahan perawatan kulit dengan memanfaatkan sari atau perasan air lemon.

Manfaat Lemon untuk Kecantikan
     Selain jeruk nipis, lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang paling serng digunakan untuk bahan perawatan kecantikan. Mulai dari perawatan kulit wajah hingga rambut. Berikut referensi mengenai manfaat buah lemon untuk perawatan kecantikan dalam kehidupan sehari-hari:

Digunakan sebagai obat penghilang jerawat
     Sari atau perasan air lemon mengandung antibacterial berfungsi mengatasi bakteri penyebab jerawat. Biasanya sari atau perasan air lemon dicampur dengan beberapa tetes madu. Hal ini sering digunakan karena khasiatnya sudah terbukti. Selain itu, perpaduan dua bahana lami berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat yang biasanya akan meninggalkan noda hitam di wajah.

Cara Mengobati Jerawat
     Pengobatan jerawat secara alami dengan menggunakan sari jeruk lemon dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pengobatan dari dalam dan pengobatan dari luar.

Pengobatan dari Dalam

Image result for lemonade 
      Untuk pengobatan dari dalam, anda dapat mengambil sari lemon dengan memotong, lalu memerasnya. Campurkan sedikit madu/ gula pasir, lalu seduh dengan air hangat. Meminum perasan sari lemon berkhasiat mencerahkan kulit anda dari dalam. Dalam mengkonsumsi sari lemon sebaiknya dilakukan secara teratur akan tetapi usahakan tidak terlalu sering. Karena sifat asam yang kuat dapat merusak enamel di gigi anda, selain itu juga konsumsi sari lemon berlebih itu tidak baik bagi lambung anda.

Pengobatan dari Luar
    Untuk pengobatan dari luar, anda dapat membuat masker dari sari lemon. Sebaiknya campurkan bahan lain, paling tepat tambahkan madu. Sifat asam dalam lemon dapat membuat kulit sangat kering. Dengan penambahan madu maka akan menyeimbangkan, karena madu bersifat melembabkan.

     Pertama, bersihkan wajah anda terlebih dahulu, lalu keringkan dengan menggunakan tissue/ handuk. Cukup ditepuk-tepuk, jangan digosok agar tidak meninggalkan serat dari tissue/ handuk di wajah anda. Oleskan campuran perasan sari lemon dengan madu pada jerawat. Diamkan 15-20 menit atau hingga masker kering. Lalu bilas dengan air hingga wajah bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin. Boleh setiap malam sebelum tidur, 2-3 kali seminggu.

     Itulah cara alami menghilangkan jerawat dengan lemon. Jika kulit anda sensitif, jangan khawatir. Masih banyak bahan-bahan alami lain yang juga ampuh mengobati jerawat, salah saatunya madu. Langsung saja disimak bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan madu.

No comments:

Post a Comment