momoclover

Saturday 12 March 2016

Kulit Putih Dengan Temulawak (Curcuma xanthorrhiza roxb)

    Image result for temulawak
     Siapa yang tidak mau memiliki kulit putih dan bersih, apalagi kaum hawa yang sekarang ini kulit putih menjadi hal yang wajib dimiliki agar dirinya disebut sebagai wanita cantik. Alam ini menyediakan berbagai hasil alamnya yang bermanfaat bagi manusia untuk memeuhi kebutuhan mereka salah satunya adalah temulawak  (Curcuma xanthorrhiza roxb) yang berkhasiat untuk memutihkan kulit.
     Cara alami dan sehat memiliki kulit bersih dan bersinar adalah dengan rutin mengonsumsi temulawak. Riset resmi Mustarichie dan rekan dari Universitas Padjajaran mengungkap khasiat temulawak sebagai pemutih kulit. Resmi menguji kurkumin, demetoksikurkumin, dan xantorizol dalam curcuma xanthoriza secara invitro terhadap enzim tirosenase dan alfa-melanocyte stimulating hormone. Enzim tirosinase berperan dalam pembentukan pigmen melanin.
     Pancaran sinar matahari berlebih membentuk melanin yang membuat bintik gelap sehingga kulit terlihat lebih kusam. sementara alfa-MSH berfungsi memicu produksi melanin. Para peneliti melakukan simulasi pengaitan antara ketiga zat aktif itu dengan enzim tirosinase dan alfa-MSH untuk menentukan dan memvisualisasikan hubungan antara keduanya. 
     Hasil penelitian itu menunjukkan 3 zat aktif dalam temulawak berkaitan secara spontan dengan enzim tirosinase dan alfa-MSH. xantorizol mudah bertaut pada enzim tirosinase melalui ikatan hidrogen dengan Asn2005. Sementara demetoksikurkumin berpaut pada alfa-MSH melalui 2 ikatan hidrogen dengan His3 dan Arg5. Artinya ketiga zat aktif itu berefek mencegah pembentukan melanin sehingga berpotensi sebagai zat pemutih kulit.

No comments:

Post a Comment