momoclover

Tuesday 10 November 2015

Bakteri Pengurai


 BAKTERI PENGURAI

Bakteri adalah sekelompok mikroba yang sangat kecil dan memiliki sel tunggal dengan struktur sel yang sederhana, bahkan tidak memiliki inti sel. Bakteri dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu: coccus, bakteri yang berbentuk bulat seperti bola; bacillus, bakteri yang berbentuk batang atau silinder; spirilum, bakteri yang berbentuk lengkung. Bakteri bergerak dengan menggunakan flagel. 

Bakteri yang baik adalah bakteri pengurai. Bakteri pengurai ini dapat menguraikan tumbuhan atau hewan yang mati, serta sisa-sisa atau kotoran organisme. Bakteri pengurai juga menguraikan protein, karbohidrat, dan senyawa organik lain menjadi CO2, gas amoniak, dan senyawa yang lainnya yang sifatnya masih sederhana, sehingga bakteri ini dapat membersihkan lingkungan dari sampah.

Manfaat bakteri pengurai sangat berguna bagi kita untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Salah satu manfaat dari bakteri pengurai adalah dapat menguraikan sampah atau limbah organik. Bisa kita bayangkan jika sampah-sampah tersebut tidak bisa diuraikan, maka berbagai masalah akan kita alami, seperti bau busuk yang dapat mengganggu indra penciuman kita. 
Contoh Bakteri-Bakteri Pengurai
·       Bakteri Anaerob
Bakteri anaerob merupakan bakteri yang tidak memerlukan oksigen untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Bakteri ini tumbuh tanpa terkontaminasi udara. Bakteri anaerob tumbuh di dalam kotoran hewan. Pembiakan bakteri anaerob sangat berguna untuk menghasilkan bahan peluruh bahan organik yang dapat menyumbat pada kloset, wastafel, saluran cuci piring, dan lain-lain.

 
·       Bakteri Aktinomycetes, Lactobacilus, Saccharomyces
Bakteri ini merupakan bakteri yang dapat menguraikan limbah kota, limbah pertanian, dan limbah peternakan. Ketiga jenis bakteri ini dapat membantu proses dekomposisi atau menghancurkan bahan organik, menghilangkan bau busuk, menekan pertumbuhan mikroba penyebab bau, penyebab penyakit akar dan merugikan tanaman. (lihat gambar dari kiri Aktinomycetes, Lactobacilus, Saccharomyces)
    

·       Bakteri Nitrobacter Sp, Nitrosomonas, Pseudomonas Sp, Bacillus Sp
Bakteri ini merupakan bakteri probiotik aktif yang mampu bekerja menguraikan bahan organik protein, karbohidrat, dan lemak secara biologis. Bermanfaat dalam menguraikan NH3 dan NO pada sampah, tinja dan kotoran hewan ternak, dan dapat menekan populasi bakteri patogen pada penampung tinja yang menyebabkan sumber air tanah akan terkontaminasi jika air rembesan tinja bercampur dengan sumber air tanah. (lihat gambar dari kiri : Nitrobacter Sp, Nitrosomonas, Pseudomonas Sp, Bacillus Sp)
      

No comments:

Post a Comment