momoclover

Friday 3 June 2016

Cara Menanam Strawberry


      Strawberry adalah buah dari tanaman herba memiliki rata-rata 200 biji kecil per satu buah. 700 dari berbagai jenis stroberi. Salah satu jenis spesies bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. spesies lainnya adalah F. vesca L. Yang satu ini lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis strawberry juga orang pertama yang masuk ke Indonesia. warna Merah di strawberry matang sangat wajar. Warna merah itu disebabkan karena buah ini kaya pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi. Mendengar kata antioksidan, anda tentu sudah tahu bahwa itu berarti khasiatnya sangat banyak. Stroberi menyimpan nutrisi yang luar biasa, selain antioksidan tersebut ia juga kaya serat, rendah kalori, dan mengandung vitamin C, folat, kalium, dan asam ellagic.
     Menanam stroberi tidak harus dilakukan di lahan yang luas, tapi bisa juga di lahan yang sempit dengan menggunakan polybag atau pot. Budidaya tanaman stroberi dalam pot, tidak hanya dijadikan sarana penyalur hobi, tetapi bisa dikembangkan dalam skala komersial, tentu dengan pengetahuan dan kemauan. Untuk itu perlu diketahui tentang persyaratan budidaya tanaman stroberi.

Syarat Tumbuh
     Tanaman stroberi mempunyai kemampuan beradaptasi cukup luas dengan kondisi iklim sebagai berikut :
Suhu udara optimum 17 – 20 C dan suhu udara minimum antara 4 – 5 C.
Kelembaban udara (RH) 80 – 90%.
Penyinaran matahari 8 – 10 jam/hari.
Curah hujan berkisar antara 600 – 700 mm/tahun.

Cara menanam Strawberry: Pot
     Siapkan wadah tahan cuaca lebar 18-inch dapat menampung 10 sampai 12 tanaman; dua wadah dapat mengakomodasi 25 tandan tanaman biasanya ada yang jual. Pilih wadah yang dangkal, kedalaman 10 inci akan sangat baik.

Cara menanam Strawberry: Tanah
     Stroberi menuntut drainase yang baik, jika tidak mahkotanya dapat membusuk akibat tanah yang terlalu basah. Mereka juga memiliki permintaan gizi yang sangat tinggi, bagaimanapun, memberi mereka media tumbuh yang kaya akan nutrisi dengan pencampuran 3 bagian ringan, pot campuran gembur dengan 1 bagian kompos.

Cahaya
     Tempatkan wadah di mana mereka menerima setidaknya 8 jam sinar matahari langsung dalam sehari. Lokasinya terang dan berangin untuk membantu menggagalkan penyakit jamur.

Air
     Karena akar dangkal mereka, stroberi harus disiram secara teratur. Jangan biarkan tanaman menjadi stress atau kekeringan.

Pemangkasan
     Stroberi juga mengeluarkan cabang dan ranting, yang mengalihkan energi yang seharusnya digunakan untuk berbuah. Kecuali mereka ingin menyebarkan tanaman baru, melakukan pemangkasan cabang baru sangat perlu dilakukan secara rutin.

Pupuk
Terapkan pupuk rendah nitrogen di awal musim semi, akhir musim semi, dan musim panas.

itu dia beberapa informasi tentang si buah cantik  dan cara berkebun strawberry dengan baik dan benar, semoga bermanfaat yaaa!!!!!!!!!!!!!!

No comments:

Post a Comment